Rabu, 21 September 2011

Workshop Jurnalistik Fikom Unpad


Workshop Jurnalistik UNPAD
Berjalan-jalan mencari hiburan ternyata tidak harus pergi ke mall, nonton, atau cari makanan enak. Dengan mengunjungi universitas pun bisa jadi hiburan yang edukatif.  
Untunglah, pada bulan September ini ada yang namanya Parade Jurnalistik 2011  yang diselenggarakan di Unpad untuk membekali para calon jurnalis dan wartawan muda dengan pengetahuan dasar mengenai apa itu Berita dan elemen-elemennya, juga nilai-nilai dari foto dan cara mengapresiasikannya.
Workshop Jurnalistik untuk pelajar SMA yang diselenggarakan Fikom Unpad pada Senin, 19 September 2011 sangat membantu para peserta yang benar-benar ingin memahami jurnalistik.
Acara workshop dikemas demikian menarik dengan menampilkan para pembicara yang sudah berkecimpung dan berpengalaman bertahun-tahun di bidangnya.
Acara yang disponsori oleh beberapa media massa seperti VivaNews, Pikiran Rakyat,dll menyajikan materi-materi antara lain cara penulisan berita, materi foto jurnalistik, dan yang paling menarik adalah pada saat para peserta langsung mempraktikan membuat berita.
Pada saat praktik itulah para peserta benar-benar merasakan bagaimana menjadi seorang jurnalis. Para peserta mencari berita, mewawancarai, dan mengambil foto untuk selanjutnya diolah menjadi berita yang siap di sebarluaskan.
“Wah…pokoknya menarik deh, sungguh pengalaman yang belum pernah saya dapatkan.” Komentar salah seorang peserta workshop.

Nah, setelah kita diberi pengetahuannya, kita juga perlu pengalaman. Saat kita menjalani workshop tersebut kita diberi kesempatan untuk mencari berita dengan mewawancarai warga sekitar dan meliputnya. Kalau pengetahuan sudah oke dan pengalaman juga oke, sekarang tinggal cari materi dan cara terbaik dan paling enak adalah dengan mencari bahan berita sambil berjalan-jalan seputar Bandung, mantap kan? (Buyung, Artemis)   

2 komentar:

  1. Seandainya gw ada di-bandung, so pasti gw pengen dtg m'hadiri kegiatan workshop tersebut. Coz gw seneng banget ama yg nama-nya Jurnalistik.
    Untuk FIKOM UNPAD : dibuat lagi dong kegiatan semacam itu, tetapi jangan di kota-kota besar aja, melainkan kota dan kabupaten terpencil juga.., ditunggu kunjungannya ya...

    BalasHapus
  2. Kegiatan yang menginspirasi anak-anak SMA yang ingin memahami jurnalistik

    BalasHapus