Selasa, 20 September 2011

Wisata Kuliner Kota Bandung

Kota bandung juga dikenal karena  kuliner yang dapat memuaskan segala selera makan Anda. Colenak, es cendol, pisang molen, yoghurt, brownies, batagor, susu murni, dan masih banyak lagi.

           Batagor atau akronim dari baso tahu goreng telah menjadi   makanan oleh-oleh Bandung dan telah merambah hingga ke luar kota. Batagor yang paling terkenal, yaitu  batago Riri dan Kingsley. 



Brownies Amanda, The Taste of Bandung
Siapa yang tidak tahu brownies Amanda? Semua pasti tahu. brownies Amanda menjadi  buah tangan dari Bandung yang paling banyak diminati. Walaupun ada tempat lain yang menjual brownies, tapi Brownies Amanda adalah tempat yang paling banyak dikunjungi karena rasanya yang telah memikat banyak lidah.

      Awalnya Brownies Amanda hanya punya satu pulihan rasa, yaitu original. Pada tahun 1999 di mulailah uji coba pembuatan brownies dengan cara yang berbeda, yaitu di kukus, itulah yang membuat beda dengan brownies yang lain. Nah, tahun 2000 sudah mulai pemesanan tapi hanya bisa lewat telepon. Dengan berkembangnya brownies kukus ini, dan banyaknya penggemar, Brownies Amanda pun pindah ke kios depan ruko Metro Soekarno-Hatta. Karena kesuksesan brownies ini pada tahun 2003 Brownies Amanda sudah membuka cabang-cabang.

            Pada tahun 2006 dimulailah peresmian dan beroperasinya Amanda Mobile dan pada tanggal 17 maret 2007 dibuka outlet di daerah Surabaya.  Pada tanggal 14 juni 2008 di daerah Jogyakarta. Ternyata bukan hanya di dua daerah ini saja Brownies Amanda membuka outlet.  Pada juni 2009 dibuka outlet di daerah Cimahi dan Medan.

            Kalian tahu? Kalau Brownies Amanda satu harinya bisa menghabiskan 1000 loyang. Saat ini,  Brownies Amanda tidak hanya membuat yang rasa original, tetapi masih banyak lagi, di antaranya Cheese Cream, yaitu krim keju yang lembut nan gurih, dan ada juga Blueberry  perpaduan antara rasa asam dan manis yang menyegarkan lagi menggoda.

Bagi kalian yang suka rasa tiramisu, jangan khawatir, brownies Amanda menyediakannya   Brownies dengan rasa lezat antara perpaduan rempah dan keju terus ada juga Choco Marble  untuk  penggemar cokelat maka rasa ini adalah pilihan yang paling tepat, selain coklat ada juga Srikaya Pandan, sebuah Brownies dengan taburan wijen diatas rasa brownies pandan yang nikmat,ternyata ada juga yang dipadu dengan buah, yaitu Banana Bizz, sebuah perpaduan Pisang dan biskuit yang berada di lapisan tengah kue, dan masih banyak lagi. Varian lainnya yang tidak kalah nikmat adalah Brownies Kering dan Brownies Bakar dengan kenikmatan rasa cokelat yang sulit dilupakan lidah.

          Bila bicara tentang kuliner Bandung, kita juga tidak boleh melewatkan minuman yang satu ini, yaitu cendol. Cendol walaupun berasal dari jawa sangat digemari di Bandung. Bahkan ada orang yang menganggap cendol adalah minuman asal Bandung. Cendol yang paling terkenal adalah cendol Elizabeth.

Nikmatnya minum cendol Elizabeth
Lotek Kalipah Apo
Lotek adalah makanan tradisional Bandung yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke kota kembang itu. Lotek adalah rebusan sayur segar yang disirami dengan sambal yang dicampur dengan bumbu kacang. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel. Sekarang
Lotek Kalipah Apo Bandung terletak di Jalan Kalipah Apo 42 Kota Bandung. Tempat makan ini sudah menjadi salah satu ikon lotek di kota Bandung. Harga yang ditawarkan disini pun tidak terlalu mahal Rp10.000,00 untuk seporsi lotek dan Rp3.000,00 untuk sepiring nasi.
Sekedar info, lotek Kalipah Apo tidak buka setiap hari Selasa dan hanya buka hari Rabu sampai Senin pukul 09.00 WIB-16.00 WIB.
Yoghurt Cisangkuy
Yoghurt adalah produk olahan susu yang difermentasi oleh bakteri yang membuat rasa susu berbeda. Tapi bila Anda ingin merasakan yoghurt yang lebih enak cobalah mampir ke Yoghurt Cisangkuy yang ada di Jalan Cisangkuy, Bandung, Jawa Barat.
          Yoghurt di tempat ini rasanya tidak asam seperti yoghurt pada umumnya, tetapi rasa yoghurt ini lebih terasa manis dan akan disegarkan dengan potongan buah yang ada di dalam yoghurt dengan adanya buah di dalam yoghurt rasa yoghurt lebih terasa enak dan semakin segar untuk di minum. Jenis yoghurt yang ditawarkan ada berbagai rasa mulai dari coklat, anggur, leci, mocca dan rasa lainnya. Ada juga yoghurt yang di tambah rum untuk menambah kenikmatan yoghurt. Harga yang bipatok untuk satu yoghurt tidak terlalu mahal hanya Rp9500,00. Di yoghurt Cisangkuy  terdapat juga berbagai jenis makanan dari pedagang kakilima seperti batagor, sate, baso tahu dan masih banyak lagi.
  Di tempat ini anda dapat merasakan suasana alami dari bangunan gaya Belanda yang membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Apalagi bila Anda mendapatkan tempat duduk di pekarangan.


Bandrek dan Bajigur Durian
Pasti kalian baru dengar kalo ternyata ada bandrek dan bajigur rasa durian. Selain untuk menghangatkan tubuh ternyata minuman khas sunda ini ada rasanya sehingga menambah peminat minuman khas sunda ini. Minuman ini akan lebih enak diminum saat malam hari atau saat cuaca sedang dingin. Tempat ini terletak di  Terusan Kopo km 11,5 Ketapang, Soreang. HP: 081221935717. jadi kalau kalian tidak bisa keluar rumah,atau malas atau mungkin tempatnya terlalu jauh, kalian bisa telpon di nomer hp nya.

Kenapa di sebut bajigur durian? Karena di dalam bajigur atau bandrek ini ditambah dua butir durian lalu disiram dengan bajigur atau bandrek. Selain bajigur atau bandrek durian, disini juga disediakan durian bakar yang disajikan dengan ketan kukus. Jadi bagi kalian pencinta bandrek atau bajigur maupun durian sekalipun. Kalian bisa datang kesini untuk memanjakan lidah kalian. 

Cireng Kraton

Kota Bandung terkenal memiliki berbagai macam jenis makanan tradisional. Salah satu yang paling digemari adalah cireng. Cireng adalah makanan tradisional yang terbuat dari tepung Aci dan di goring sehingga disebut Cireng (Aci Goreng).

Cireng sebenarnya makanan tradisional dan sangat digemari daerah bandung, dengan bentuknya yang khas, memberikan kesan tersendiri bagi mereka yang memakannya. Pada awalnya cireng hanya diisi dengan oncom ataupun kacang yang ditumbuk, tetapi sekarang telah berkembang menjadi berbagai macam rasa yang berbeda. Sekarang, kami akan membahas mengenai salah satu tempat penjualan cireng, yaitu Cireng Kraton.

Cireng yang terletak di Jalan Tulip No.5 Gempol Sari Indah, Kota Bandung ini memilki citra rasa yang variatif dengan bentuk yang menarik dan rasa yang unik. Komposisi ini nih yang membuat Cireng Kraton terasa berbeda dari cireng lainnya. Ternyata masyarakat Bandung sangat menggermari cireng ini, hal ini dibuktikan dengan tingginya omzet yang terus meningkat setiap bulannya. (Arcci, Artemis)


9 komentar:

  1. bagus dekk.. tpi seharusnya ditambahin foto tokonya dan alamatnya...

    BalasHapus
  2. slurp,jadi pengen hahaha.apalagi nih kuliner khas bandung???

    BalasHapus
  3. aduh jadi laper nih hehehe,
    keren artikelnya!

    BalasHapus
  4. bahas dong snack pedas khas bandung jangan lupa kejeprutnya dimasukin xixixixixixi

    BalasHapus
  5. Jangan lupa kuliner di 'weekly market' alis pasar kaget di gasibu dan jatinangor juga ga kalah yummy-nya tuuuhhh...

    BalasHapus
  6. aduh...tambah laperrr. ga ada fotonya aja udh bikin pengen!!!

    BalasHapus
  7. Emang Bandung surganya kuliner.......
    Lebih bagus...tambahin info makanan yang lebih khas lg....

    BalasHapus
  8. waduh cireng tuh yang paling enak.... kalu orang itali aja bisa jualan Piza di Bandung, kenapa juga orang bandung gak coba jualan cireng di Itali

    BalasHapus